Sinopsis Singkat Serta Pesan Moral yang Terkandung Dalam Novel “Laskar Pelangi”

Laskar Pelangi merupakan sebuah judul dalam novel inspiratif Indonesia yang dikarang oleh Andrea Hirata dan di rilis pada taahun 2005.  Di mana kisah dalam novel ini menggunakan sebuah cerita yang berada di daerah Belitung, yaitu SD MUhammadiyah. Dalam sekolah dasar tersebut terdapat 9 muris, yaitu Ikal, Lintang, Sahara, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani yang gelisah akan sekolah mereka, lantaran akan ditutup jika murid yang berskolah di skeoalh dasar tersebut tidak menyentuh angka genap menjadi 10.

Mereka sangat cemas dan gelisah, takut jikalau mereka tidapat dapat bersekolah lagi, karena keluarga tidak mampu untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Di saat kegelisahan menghampiri mereka, datanglah Harun, seorang yang memiliki keterbelakangan mental yang ingin bersekolah di sekolah dasar tersebut. Semua kejadian yang terjadi sungguh menghiasi kehidupan kesepuluh anak tersebut yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Bu Mus ini merupakan seoraang guru terbaik yang telah memberikan nama tersebut untuk mereka.

Hari-hari sekolah mereka sungguh dihiasi dengan canda, tawa, maupun tangis. Di mana di balik semua keceriaan mereka, terdapat seorang murid bernama Lintang yang perjuangan bersekolahnya sungguh perlu diacungi jempol. Di mabna ia rela menempuh jarak hingga 80 km untuk pulang pergi dari rumah ke sekolah agar dapat belajar. Ia juga tidak pernah mengeluh saat melalui berbagai perjalanan bahkan melewati sebuha danau yang banyak buaya.

Tetapi sayangnya, semua kisah indah Laskar Pelangi ini harus diakhiri dengan perpisahan seorang Lintang yang sangat jenius. Lintang dan kawan-kawan membuktikan bukanlah fasilitas yang menunjang kesuksesan seseorang, tetapi kemauan dan kerja keraslah yang mengabulkan setiap impian. Apa saja sih pesan moral yang akan didapatkan dari novel bertajuk “Laskar Pelangi” ini simak berikut ini.

Pesan Moral Kisah Novel Laskar Pelangi

1. Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang juga merupakan hak setiap anak bangsa memperolehnya. Tidak ada perbedaan golongan kaya atau miskin saja, karena pendidikan harus diterima oleh seluruh anak-anak bangsa.

2. Jangan pernah menyerah dalam setiap hal yang kalian hadapi, di mana kalian harus selalu berusaha agar dapat mencapai segala harapan yang kalian inginkan.

3. Memiliki keyakinan akan perinsip hidup, karena dari keyakinan inilah kalian akan termotivasi untuk lebih sungguh-sungguh dan berusaha menjalani sebuah kehidupan dan segala rintangan yang kalian hadapi.

4. Tetap berjuang dan berusaha, meski tidak ada sandaran lagi. Baik itu bersekolah, ataupun dalam kehidupan kalian. Jangan jadikan sandaran sebagai alasan untuk kalian tidak dapat melangkah maju ke depan dan berkarya, tetapi berjuanglah akan segala hal yang kalian akan hadapi.

5. Tidak merasa malu atau minder, rasa malu dan kurang percaya diri akan menghambat kalian dalam berkembang atau berprestasi di dunia ini. Jangan pernah merasa kurang percaya diri akan status sosial maupun ekonomi yang kalian miliki. Bahkan kalian bisa jadikan status sosial atau ekonomi kalian sebagai acuan untuk kita bisa hidup lebih maju untuk memperbaiki status kita sebelumnya.

6. Inisiatif merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan untuk semua orang terutama generasi milenial. Di mana melalu inisiatif ini akan tumbuh sebagai kreatifitan tanpa batas yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Nah itu dia sinopsis singkat novel laskar pelangi beserta dengan pesan moral yang akan kalian peroleh dari novel bertajuk “Laskar Pelangi” ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *