Sinopsis Singkat & Pesan Moral Novel Inspirasi 9 Matahari

9 Matahari ini merupakan sebuah novel yang menceritakan seorang anak perempuan bernama Matari Anas yang berasal dari keluarga yang berkecukupan di Rawa Bugel, merupakan sebuah daerah yang berada di dekat Bandar Udara Internasional Cengkareng. Matari Anas mempunyai seorang kakak yang bernama Hera, di mana ayahnya adalah seorang lulusan STM (Sekolah teknik Menengah) yang bekerja sebagai mekanik di sebuah pabrik kertas. Sedangkan ibunya ialah seorang ibu rumah tangga yang hanya lulusan SMP.

Keadaan ekonomi keluarga yang kurang mampu menjadi sebuah dorongan bagi Matari Anas yang menjadi seorang sarjana. Dirinya percaya bahwa mampu menjadi seorang sarjana yang mampu memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Matari Anas juga sadar bahwa dalam memenuhi kebutuhan hidup, dirinya tidak bisa mengandalkan sepenuhnya kepada keluarga.

Ia juga berusaha mencari pekerjaan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Sebelum dirinya menjadi seorang mahasiswa di Universitas Panaitan yang pernah menjadi seorang resepsionis di sebauh restoran. Pekerjaannya hanya dijalani selama tiga bulan, dimana pada saat itu diterima di Universitas Panaitan. Dirinya juga sadar bahwa kebutuhan kuliahnya cukup besar, ia mencoba kembali mencari pekerjaan baru.

Ia diterima menjadi seorang penyiar radio Qyu FM, yaitu salah satu radio di kota Bandung. Sebagai seorang penyiar baru, ia ditempatkan saat malam hari. Qyu FM ini membuat Matahari tidak hanya bekerja sebagai penyiar saja, dimana dia dan rekan-rekan lain harus terlibat dalam acara off air. Meskipun gaji yang belum besar serta waktu yang melelahkan membuat Matari di sini mendapat banyak pengalaman. Pekerjaan yang cukup memakan waktu menjadikan kuliahnya sedikit terganggu, bahkan ia tidak bisa meluangkan waktu lama bersama teman-temannya. Di mana di sela wajtu kerja atau saat pulang malam hari ia mengerjakan tugas, menghafal, serta membaca di dalam angkot.

Dimana semua hal ini ia lakukan untuk bisa tetap kuliah dan memperoleh rezeki untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Meski dirinya sudah bekerja, ia masih memiliki utang di mana gaji dari pekerjannya digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-harinya, sedangkan untuk uang kos dan operasional lainnya menggunakan uang pinjaman.

Di tengah kesibukannya, ia tidak jarang menyematkan pulang ke rumah, ia hanya mendapatkan kondisi keluarga yang tidak berubah.  Ayahnya sendiri memiliki sifat yang keras tidak jarang terjadi perdebatan bahkan bentakan yang keras. Kekuatan tekad yang besar untuk kepentingan keluarga serta dorongan orang terdekatnya yang mampu menguatkan untuk tetap mengejar impian untuk bisa menjadi seorang sarjana.

Mimpi yang telah lama diimpikan untuk menjadi seorang sarjana pada akhirnya bisa tercapai. Mimpi ini tentunya sangat membahagiakan orangtuanya.

Pesan Dari Novel 9 Matahari

Pesan yang tercantum dalam kisah novel ini adalah kalian diingatkan untuk:

  • Terus Berjuang

Di mana keadaan ekonomi bukanlah sebuah alasan untuk kalian putus asa untuk meraih sebuah harapan.

  • Jangan Jadikan Kelemahan Sebagai Alasan, Melainkan Sebagai motivasi

Kelemahan yang dihadapi oleh kita jangan jadikan sebagai penghambat untuk kita berusaha dan berkembang, tetapi jadikan kelemahan yang kita miliki sebagai motivasi pembangkit semangat kita.

  • Jangan Sia-Siakan Waktumu

Di masa muda ini lakukan setiap waktu kalain dengan kegiatan yang dapat membangun serta membuat kalian menjadi orang yang sukses.

Nah ini dia sinopsis singkat serta pesan moral mentginspirasi yang tercantum dalam kisah novel 9 matahari yang harus kalian peroleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *